bebas finansial bersama betonmarkets

Selasa, 22 November 2011

Di balik jendela

ini adalah hidupku, kisahku yang dimulai pada waktu pagi dan kuakhiri pada waktu malam.. Dan kurenungkan di balik jendela ini..
Aku tak meminta mu untuk duduk dalam ruang kosong yang kusediakan disini..
Hanya saja, waktu mu yang luang akan sedikit berarti untuk ku..
Melepaskan penat yang kurasa menggumpal ditenggorokan ku, dan mungkin hanya akan terbuang sia sia..

Di balik jendela ini,
Aku mengingat sebuah kisah..
Tatkala ku beranjak pergi, kisah itupun dimulai..
Daripadanya lah, aku temukan kekuatan..
Kekuatan semu yang gaibnya mendukungku mencari makna dalam keberadaan diri,
Ada satu yang tak kumengerti.
Dua dan tiga yang tak kupahami..
Pada cerita nya, aku temukan sosok terbaik yang tak teringkari..
Pada cerita mu pun tak bisa kugali titik simpul yang bisa buatku memahami..
dan pada cerita mereka pun, aku temukan kesamaan, derita dan pahit yang menyesakkan jiwanya..

Dan ada satu yang tak kupahami..
Dua dan tiga yang tak kumengerti..

Aku pun membawa satu rangkaian kisah dipundakku..
Berantai rantai panjangnya dan hampir mengiris bahuku..
Berat rasanya, letih juga amat terasa..
Kuhela nafas panjang..
Di balik jendela ini, rasanya ingin melompat, hingga rantai rantai itu terlepas,,
Hanya sebatas kaca dan kayu jendela..
Tak kutemukan celah ruangnya..
Biarlah kutungggu, sembari menopang dagu..
Kunikmati saja lah dulu, tetes tetes air hujan yang tersisa di tepian jendela.. ku tepuk sajalah dulu, biar air nya menyegarkan wajahku..

Kamis, 17 November 2011

all nite long

disinilah waktu terbaik utk terlelap,
Setelah satu hari lelahmu..dan ribuan hari hari yang lain yg menyokong lelahmu hari ini..
Maka sempatkanlah..
Padamu kuungkapan sebuah rahasia..
Rahasia dalam sebuah kebajikan hati..
Saat mata tak lagi ingin menuruti keinginan..
Saat telinga tak lagi ingin mendengar sebuah derita..
Dan kaupun melakukan sesuatu yang baik..
Yang mencoba mengembalikan seimbangnya hatimu dengan dunia disekitarmu..
Melakukan apa yang nurani bisikkan..
Lakukan sekuat hati, dan jangan pergi dr hadapan mereka yang mencarimu..
Dan jangan menolak, berikan apa yang sekiranya mereka butuhkan ada padamu..
Hingga pada satu malam, ketika lelapmu teramat tenang..
Malaikat malaikat melawatmu..
Tersenyum menyentuh bahumu, membelai lembut kepalamu,
Mereka melihat sinar ketulusan dalam gelapnya malam..
Benang benang kebaikan akan dirajutnya utkmu agar kau pakai dalam jubah yang tak pudar oleh waktu..
Dan merekapun berjanji akan mendukungmu dalam segenap jalanmu, bukan hanya membuatmu baik, tetapi juga menyediakan yang terbaik untukmu..
Dan simpanlah khawatirmu dalam hatimu, kenakan anting2 yang menghiasi sinar wajahmu..
dan esok, pengawal pagi akan bersemu merah jambu..
Semoga jejak jejak kebaikan akan ada d setiap hembusan nafasmu..

Sabtu, 12 November 2011

ya, padamu..

ya, padamu..
Pada siapa?

..
Bilakah semua itu harus dicerna dengan ilmu aritmatika yang rumit itu..
Haruskah sepintar einstein untuk menguraikan rumus kekal energi untuk meluruskan carut marut hati..
Jikapun harus pergi, bukan raga yang beranjak..
Tetapi hati..
Ya,,..
Jantungku pun memompa semakin kuat, dan semakin kuat..
Dan, lelah..
Biar begitu..
Aq tak kuasa pun langit ini,
yang hanya kutatap dalam diam ku saat ini..

tetap saja aku tau pasti, diatas sana ada kuasa yang memerintahkan burung burung di udara, ikan ikan di dasar laut utk ada ..
Atau kosong..

Kusandarkan hati,..
..
Ya ada..
..
Ya Padamu, pada hatimu..
Bukan mereka, mereka hanya ilustrasi hidup, pada waktunya akan hilang..

Tapi nanti.,
Hati ingin menerima diri,

..
dan awan berarak laju.
Masi belum melihat senja seprti kemarin.. Ingin menantinya lagi spt kemarin..


Utk malam, biar selalu menjadi waktu ku yang tentram..
Dan esok pagi.. Kumulai menulis lagi..
Kuceritakan saja padamu..
Ya padamu..

Sabtu, 05 November 2011

Man and the Moon: the Secret


 Sebenarnya walaupun saya jarang sekali utk ikut koment, tp saya sangat senang dan mengikuti setiap postingan yang dibuat oleh mas kahfi..
bulan Maret 2011, adalah pertama kalinya juga buat saya utk keluar dr rumah (red:merantau)
tidk tanggung2, jauh dr orang tua, saudara bahkan teman dan terdampar di sebuah desa, perbatasan antara lampung dan Palembang.. jalan yang rusak, dan desa yang cukup sepi ditengah perkebunan sawit dan karet, dan yg paling menyedihkan dr itu semua adalah tidk ada listrik (hanya diesel yg dihidupkan mulai dr jam6 maghrib  - jam11 malam) ..
lho kok malah curhat sendiri .. hehe,, tp intinya,, dr pertama kali Man and the Moon di published. Saya selalu membaca catatan2 yang dibuat..
mencoba melihat dan memahami apa yang dialami oleh mas kahfi, sama halnya juga dengan yg saya alami utk bertahan ditengah tengah kampung orang..
saya pun juga berjuang utk hidup mandiri, juga jauh dr orang yang sangat saya sayangi, harus berjuang juga utk mengahpusnya dr ingatan,, bahkan selalu menangis sendirian ketika terbangun malam2 dan gelap..
sama halnya dengan postingan mas kahfi yang berjudul  ‘hidupku hampa tanpa kamu’.. memang terkesan sangat mellow.. tetapi dalam kondisi sendiri, juga spt yg saya alami, tulisan tulisan yg mellow, jd lebih menarik dan ikut hanyut dalam perasaan si penulis..
tetapi sptnya mas kahfi bukan tipe org yang cengeng, bebrp waktu kemudian dia buat postingan yang sangat menarik dgn judul.. “ hanya sebuah catatan tentang seorg pria dan seekor laba laba
Teringat dgn note kecil yg pernah sy tulis juga
“Sampai saat ini, akan terus hidup di dalam keyakinan. Mengetahui dan percaya bahwa semua bagian yang saya perlukan di sana dan bahwa hanya dibutuhkan masalah waktu sebelum mereka jatuh ke tempatnya. Mengingat bahwa ada suatu gambaran besar, sebuah rencana untukku, bahwa ku tidak dapat melihat sekarang. Percaya bahwa setiap bagian hidupku, bahkan yang menyakitkan, memiliki tujuan dan memainkan peran penting. Dan ketika aku lemah, aku akan mencari kekuatan melalui doa. . Aku melakukan semua ini dengan harapan bahwa pada hari mulia, ketika Dewa karya saya akhirnya selesai, Ia akan berbisik ... "Bagus sekali".

Saya sendiri sangat takut dengan laba2, tp dengan membaca catatan ini, sayan juga jd lbh memahami, ternyata laba2 binatang yang tidk gampang menyerah.. inspiratif sekali bukan? Ya, itu jg yg saya rasakan.. saya juga merasa bisa merajut kembali kehidupan saya dan juga berjuang sama halnya dgn yang dilakukan mas kahfi..
Lalu, postingan2 berikutnya mas kahfi putar haluan, tidk lagi membicarakan hatinya yang merana.. bahkan dengan sangat bijak mengucapkan “di kota ini akhirnya kuucapkan selamat tinggal
Dan akhirnya membuat cacatan ttg ‘pengen jadi penulis’ ..
Lompatan yang sangat positif dan inspiratif, menjadi seorang penulis adalah hal terbaik jika terkadang ada hal2 yang tak terungkapkan lewat kata,, tetapi bisa menginspirasi banyak orang bahkan menjadi sesuatu yang sangat menarik utk diceritakan pada orang lain dalam rangkaian kata yang bersinergi antara satu dengan yang lainnya..
Catatan2 selanjutnya ttg alam semesta . mas kahfi bisa merangkai energy yang ia rasakan pada alam dan dituangkan dalam tulisan, spt halnya dengan semut, laba2, nyamuk, kecoa.. yang selama ini  tidk banyak orang yang memahami betapa binatang kecil, menjijikkan bahkan dibasmi oleh manusia, adalah diciptakan dengan tidk sia2, memiliki peranan yang penting bahkan terkadang bisa mengambil pelajaran penting dr kehidupan mereka..
Jadi intinya pesan dr “semesta mendukung”   yg selama ini banyak ditemukan diterjemahan bebas,  “the secret” juga saya temukan di blognya mas kahfi; " Mestakung'
Betapa rahasia semesta, adalah sesuatu yang ajaib, jika bisa ditelaah dan bahkan membuat kita berdecak kagum..
Tak heran pengunjung d blog mas kahfi semakin banyak bahkan dijabah oleh vivanews.com
congratz.. :)

Semoga akan selalu menginspirasi orang banyak, juga semakin baik lagi dlm menyajikan tulisan2 nya..

Apapun yang terjadi dalam kehidupan ini, adalah rahasia semesta.. dak kelak , kepingan kepingan puzzle dalam kehidupan ini akan menyatu menjadi satu keabadian

postingan ini diikutsertakan dalam give away, Man and the Moon
Salam.. :)

Kamis, 03 November 2011

only God knows

I close my eyes..
And i feel that you are so closed..
malam adalah bayangan
mimpi adalah buaian..
Bangunlah cepat,, semua ini hanya sementara..
satu hari kan pudar, dan sinarnya pun menghilang..

angin malam membuai kelu..
Mungkin badan tlah terpuruk mati..
Dan jiwapun menangis sendu..
Kala malam tertawa lirih
Genting dawai mengalun tenang
Rebahlah ditanah mengaum sedih..
Masihkah bisa tertawa sendiri..
Buaian peraduan kuasa damai..
Kesanalah aku kan kembali ..

***
hope is the thing that makes me really want to stay alive..

by time..
I wish i could open the myseries..
The puzzle of eye..
and also the eyrie..
Something happened just in shadow..
disseapeared mist..
Come to the empty soul..
never released till the immortal life ..

***
only God knows..

Sabtu, 01 Oktober 2011

maaf ya mak

mamak.. Maaf ya mak.. Masak ud segede gini,, baru gue sadar mamak itu lebih hebat dari bupati..
Hmm,, masalahnya gue sekarang sadar mak,, gak gampang jadi mamak yg punya 5 anak cewe,, yang sekarang ud pada dewasa, ud pada mengenyam pendidikan lebh dari sma..
Wuiihh,, hebat banget mak,, gue gak bisa lupa n sekarang geli sendiri,, klo inget jaman jaman gue sekolah..
Mamak pasti bangun duluan.. Gedor gedor pintu, anak cewe kok bangun siang..
Wuahh,, kalo ud bangun t4 pertama yg didatengin bukn kamar mandi, tp meja makan,, bukn buat liat makanan tp liat uang jajan yang ud tertata rapih, sesuai dgn umur, heheee..
ada 6 tumpukan,, dan langsung ambil duluan bagian gue..
Sekarang gue sadar betul mak,, gak gampang mjd mamak.. Gue ngerti mak,, betapa payahnya mamak buat mengatur semuanya.. Bisa tetap makan, tetap sekolah sampe qt segede ini mak..
Maaf ya mak,, gue jahat sama mamak selama ini, gue yang kata mamak belum apa apa.. Belum pernh kasi apa apa..

Maaf ya mak,, mungkin dengan jauh dr mamak, gue bisa belajar utk spt mamak yang luar biasa.. Mamak yang mengatur keuangan lebih hebat dr menteri keuangan..
Mamak yang lebih hebat mendidik iman gue jauh lebih hebat dr menteri agama..
Mamak yang buat gue sehat lebih hebat dr menteri kesehatan..
Mamak yang membekali gue ilmu sampe gue jauh dr rumah, lebih hebat dari menteri tenaga kerja..
Gue sadar sekarang mak.. Knpa mamak selalu bisa lebih hebat dari siapapun di dunia ini..
Betul mak,, gue emang keras kepala. Betul mak, gue emang gue masi banyk belajr..
Gue belum bisa sesabar mamak,, setabah mamak,, sebaik mamak,,
Tp gue malu kalo ngomong begini sama mamak.. tau ndiri ego gue segede gunung gede..
Tp mamak pasti bisa merasakan kalo gue pulang ke rumah.. Gue gak bantah bantah lagi..
tp mak,, gue masi pengen jadi diri gue ,, yang agak keras kepala.. Boleh kan mak??
Ud jadi sifat dasar mak,, mungkin turunan raja batak, atau turunan nenek kakek moyang susah diilangin.. Tp minimal gue tau apa itu salah, apa itu benar.. Di luar itu semua mak,, gue pernh coba jd orang yg lembut, nurut.. Tp brasa aneh.. Ya mendingan dr pada liat gue kek ayam tetelo.. Soalnya gue nyaman mak, dgn kebebasan yang mamak berikan..
Sehat sehat ya mak.. I love you so.. Muaaaacchhh..

Selasa, 06 September 2011

dove

"mengapa burung merpati sangat setia kepada pasangannya? padahal pasangannya itu dikurung di kandang?"

"ya itulah, kesetiaan ! burung merpati sering dipakai sebagai lambang kesetiaan, ketulusan, kejujuran, dan perdamaian. Merpati akan menembus resiko apapun juga untuk selalu dekat dengan pasangannya. Tidak peduli tindakannya itu dapat membahayakan dirinya dianggap konyol! merpati akan berusaha terus menolong berada di sisi pasangannya

dan siapapun kamu, dimanapun kamu berada.. jadlah merpati yg selalu setia,, ada banyak keindahan, tapi tidak banyak cinta yg tulus, yg tidak mengharapkan balasan, cinta yg selalu akan membawa jiwamu kembali.. sepanjang apapun jalan yang kau tempuh..

Minggu, 28 Agustus 2011

aku..

sampai detik ini, aq tidak siap..
jika hanya akan ada derita dan air mata, maka aq putuskan utk tidak lagi memulai.. cukup.. enough.. saya tidk ingin mengulang kembali sesuatu yang hanya akan membuat luka di hati orang lain..
aq,, hanya seorang aq, dengan satu dan seribu masalah yang tidk bs aq selesaikan.. dan hanya akan kubenamkan dalam diam.. entah itu saat ini, besok atau lusa.. aku hanya ingin menikmati apa yg bs kunikmati sendiri..
egoiskah aq?? mungkin.. yang aq tau, hanya ada satu area yang tidk bs aq buka utk org lain.. area yang hanya aq yg tau.. dan cukup hanya aq yang mengerti..
dan jika kelak ada satu mata.. yang melihat ke dalam nya..maka hanya ada satu kata yang akan ku katakan.. 'mari'..
qt bicara sesuatu yang hanya aq dan kamu yg mengerti, entah kapan qt akan memulai.. entah kapan qt akan akhiri.. 

jika yang kamu bicarakan, adalah harapan.. saya bahkan akan mengirimkan sepasang sayap, agar qt bisa terbang bersama..
jika yang kamu bicarakan adalah kehampaan,, jauh sebelum kamu berbicara.. saya mengerti apa itu rasanya..
jika kamu menawarkan basa basi.. saya tidak suka..
jika kamu mengirimkan seribu mawar.. aq katakan jangan.. cukup kecupan ringan di keningku.. itu akan membuatku nyaman sepanjang hari..
jika kamu memahami apa yang aq katakan,, maka kelak Tuhan akan menyediakan satu tulisan.. yang akan mengukir sejarah.. dua anak manusia yang dilanda gembira..
sederhana.. mungkin itu yang ingin kusampaikan.. tp apakah bisa kesederhanaan itu terwujud pada satu sisi manusiawi yang qt punya..

untuk itulah,, aq enggan memulai.. jika kamu tau.. dibalik jiwa yang tak terselami.. ada satu pintu yang selalu ingin kututup.. agar kau tidk akan pernh bs masuk..

Jumat, 26 Agustus 2011

the old beggar

cerita ini ttg seorg pengemis tua,,

Ia terlihat sangat tua, lapar dan haus.. Menyodorkan tangan nya meminta,, seorg wanita muda, cantik ,,

terlihat asyik meminum sebotol minuman dingin.. Melihat si bapak pengemis, Ia berlalu, begitu saja...

 malamnya, wanita itu bermimpi, melihat ada seorg manusia raksasa,.. Ia sedang merebus sesuatu diatasnya..

Wanita itu merasa sangt kehausan,, ia memohon kepada manusia raksasa itu utk memberinya setetes saja, air..

Tp manusia raksasa itu menciduk sesuatu, dr dlm gentong itu, dan ternyata itu adalah timah yg sangat panas,,

meleleh,, memasuki tenggorokannya...

Ahhh... Ini hanya sebuah cerita usang..

Layaknya dongeng yg hanya pantas utk pengantar tidur bayi bayi yg polos dan manis..

 .. Bukankah semuanya,, tlah terbukti sekarg..

apakah arti hidup mu, hidupku dan hidup kita...di dunia yg fana ini..???


Rabu, 24 Agustus 2011

whiteboard

jangan heran jika sekarang saya nyaman mengajar di desa, ketimbang di kota. jika di kota saya mengajar anak2 yang memang sudh kaya dan pasti terjamin pendidikannya oleh orang tuanya..
tp saya masi heran, sampai detik ini belum banyak orang sadar betapa pentingnya pendidikan..
jika dibandingkan, mungkin ini hanya pendapat saya sebagai mantan guru private, saya memiliki sedikit pengalaman yang unik tentang menghargai jasa guru private..
jika orang china memberi saya gaji lebih bahkan 80 - 100 per satu kali pertemuan itu biasa,, asalkan saya membimbing anaknya dengan baik dan tekun dalam arti tidk terlambat, dan waktu efisien dalm mengajar.. juga diberi kepercayaan penuh dlm arti tidk ditunggu dan diawasi..
jika orang kita, memberi saya gaji 30 rb satu kali pertemuan itu masi ditawar kalo bisa 25 per sekali pertemuan, kadang ditunggu, didikte, bahkan tak jarang tidk diberi minuman :)

Kamis, 18 Agustus 2011

since i dont have you


and i dont have fond desires
And i dont have happy ours
I dont have anything
Since i dont have you..

Happines, and i guess
I never will again
When you walked out on me
In walked ol'misery
And he's been here since then..

Tu sebagian lyrics lagu nya gun's rose.. Sedikt nyentrik gw suka lagu2 slow rock lawas, yg uda jarang bget mengudara atau di 'play' di mp3, mp4, atau di kape2 gaul anak muda sekrg..(terlebih di desa bujung buring..:D)

Tapi ya mas bro, tante,, guys, yg kebtulan baca catatan ini, dgn terpaksa, ogah2an, atau dr pada gak ada.. Hehee....
mungkin sedikt menangkp apa yg ingin gw sampaikan dsini.. spt judul notesnya..'sejak aq tidak memilikimu..'
Jiaaaahhh,, bicara ttg cinta.. Siapa si yg gak pernh jatuh cinta, berbunga2, siang jd malem, klo malem jd siang.. Trus kalo patah hati, kehilangan,. loe gw end.. Gubrakk bget kan rasanya.. Gak cewe gak cowo, bo'ong klo bilang gak pernh patah hati..

Hmmm.. Tp intinya jangan salah tanggep, gw cewe yg suka lagu rock,, slow rock lah,. Aneh gak ?? Gak kan?? ya nggaklah..
knapa suka lagu rock identik dgn keras,, cowo rambut gondrong, begajulan, berantakan.. Bebas,. Padahal gak jg.. pasti penasaran knapa si, gw suka lagu rock..(tp klo gak penasaran ya gpp)..

Coba simak lagu berikut, titled 'patience' by gun's rose'..

Shed a tear cause i'm missing you
I'm still alright to smile
Girl i think about you every day now
Was a time when wasn't sure
But you set my mind to ease
There is no doubt you're in my heart now
Said woman take it slow
It'll work itself out of fine
And all we need is just a little patient..

Just a little patient.. Nahh,, ini yg gw maksud.. Cuma sedkit sabar,..
Yaa, sabar.. Dr teks itu jg,, artinya keren lho.. There is no doubt you're in my heart now..
Harga mati dahh,, lu di hati gw... Jiahhh..
(Bukn, bukan lebay.. Jd cowok tu harusnya gitu.. )
And all we need is just a little patient..
Yg qt butuhkan tu cuma sedikt sabar..
Tu kan kebukti kan,, band rock, yg kelihatannya gahar aja bs bilang sabar...heheee..

Dr pada elu dengerin lg yg ngehits sekarang.. Bruno mars ' lazy song'
Today i dont feel like doin' anything..
I am just layin' in my bed..'

Tu cowok males bget.. Bisanya cuma tidur.. tp knapa cewe2 kok suka dengernya???
Apalgi yg judulnya..' 'marry you'..
'beautiful night.. Ohh looking for something dumb to do.. Oh baby i think i wanna marry..
Ckkkck.. Malam yg indah, mcari sesuatu yg bodoh utk dilakukan,, sptnya aq akan menikahimu..wahtt?? Ketika seseorg itu berfikr sesuatu yg bodoh,, ia akan menikahimu??well guys.. Gawaatt klo u sampe ktemu cowok model kek gini..
'ni teks yg lain.. 'if you're ready like i'm ready'..
Kalo lu siap keknya gw siap.. Artinya ni cowo matre.. Klo cwe siap, siap rumah, siap mobil, mapan, cakep lagi.. Gw kenya siap...ckckc gaswat gaswat...
Gw inget guru sma gw dulu, namanya bu habibina, guru bahasa indonesia coyy.. Dia aseli tajir, suaminya penjabat.. Satu yg gw inget dr dia.. Dia bilg gini..buat para cewe..' gpp mukanya kek setan, tp duitnya legit kek ketan...'


Hahaaa.. Dulu si ketawa2 aje,, qt2 dengerin si ibu.. Skrg gw baru ngehhh...
Huwaahaa....

yaahhh,, intinya buat para cewe khususnya yg lg galau dgn masalah cinta.. Mending alon2 asal kelakon.. Krn jaman nya udh beda,, gak ada lg istilah makan sepiring berdua.. Yg ada klo gak bner2 siap.. Makan tu piring berdua..hehee,, jgn ketawa...

Jumat, 05 Agustus 2011

heyy,, soul..

jiwa.. Apa itu jiwa??
heyy.. Dmn dia berada?? Di hati, jantung, otak atau urat nadi ??
lalu jiwa pun bangkit.. Mnjawab..'tanya nurani, mungkin dia tau jawabnya..'

Heyy,, nurani? kamu letaknya dmna?? Di jantung, hati atau empedu??

Nurani mnjawab..'aq ada pada tatapan mata2 lelah anak2 dijalan yg kau sapa td, pengemis yg mengulurkan tangan nya,, jg air mata org2 lumpuh yang tak bdaya.. Aq ada disana..''

Wahh,, lalu mengapa kau tak muncul pada penguasa2 negeri ini,, mereka yg punya segalanya bahkan langitpun bs mereka raihh...??

Aq tanya pada mata..
'heyy,, aq yakin kamu sumber dr ini semua..'??

mata mnjawab..' jangn salahkan aq.. Bukankah aq diciptkan utk mencecap semua keindahan di dunia ini,, hanya kadg manusia itu terlalu bodoh,, mereka tdk sadar apa yg terlihat, belum tentulah nyata,, tp apa yg tidk terlihat itu lebh nyata.. ''

Heyy.. Jiwa.. Kau diam saja??

jiwa mnjawab..'aq tenang, dlm ketenanganku, aq sunyi dalm kesunyianku.. Aq mendengar apa yg tak terdengar, aq melihat apa yg tak terlihat..' aq menyebutnya sbg iman.. Pencapaian,, tertinggi sebuah iman.. panggil jiwamu kembali.. Dan bersandarlah pada nurani..
Disana tidk lg ada hasrat yg buta,, ..
Berlututlah dlm jiwa yg sesak dlm penderitaan.. Disana ada ketekunan, harapan dan kasih..

Sabtu, 30 Juli 2011

smells like teens spirit

judul lagu yg gw suka dr nirvana,, tp gw ga suka musik rock banget banget, cuma klo fikiran gw lagi ruwet abis.. ni lagu yg bisa jd temen yang asik buat secangkir kopi instan anget di samping gw..


.well.. blog ini walaupun cuma layar putih, paling tidak bs sedikit membuat gw merasa ada di sini..
gw cuma bingung,, napa akhir2 ini, gw bawaan nya uring2an mulu.. hidup gw extreme.. ntah apa yg salah.. ntah apa yg gak beres.. hari2 gw biasa.. gak ada masalah.. semuanya berjalan baik.. ato mungkin sedikit pola hidup yg sedikit berubah,,.
atau mungkin gw harus lebih nyambung ke kondisi tempat gw yg sekarang....kadang memang harus lebih ngebumi, baru bisa tau hidup itu apaan..
hmm,,, seperti kata nirvana.. smells like teens spirit.. semangat semangat semangat.. apalah.. ntahlah....

Im worse at what I do best
And for this gift I feel blessed
Our little group has always been
And always will until the end

Rabu, 13 Juli 2011

Catatan kecil tentang "Jodoh"

teringat beberapa waktu lalu,, percakapan singkat.. sepintas lewat.. terkadang kita tak pernh bisa kira2,, bagaimana,, kapan,, siapa org yg bisa membawa perubahan dalm berfikir,, atau terkadang bisa menjadi cermin.. yg bisa mengingatkan, bahkan bisa menjadi sandaran..

*   *
lid:"asuk,, apa si jodoh itu,,??"
Asuk Rustam:"jodoh,, ya seseorang yg dikatakan jodoh.. hmm,, kita ga pernh tau jodoh kita itu siapa,, kadang org yg sudh menikah saja, belum tentu yakin, apakah dia jodohnya,, kadang setelah bercerai, ada org yg bilang,, tidak berjodoh.. ya kan??"
lid:"ya juga ya suk,, terus,, gmana caranya kita tau dia itu jodoh kita ato bukan??"
Asuk Rustam:" hmm,, memang org ga kan pernh bisa tau,, tp dgn adanya pendekatan,, mencoba menyelami kepribadiaanya,, bahkan kalo saya ingat2 dulu,, saya sering menguji org yg saya dekati apakah dia benar2 org yang tepat buat saya,,"
lid:"ooo gtu ya suk,,gmana caranya suk??
Asuk Rustam:" rasa nyaman,, rasa tenang,, yg paling penting buat saya,, apakah dia org yg gampang cemburuan,, ato bisa diajak susah,, ga cuma seneng2nya saja,,,dan yg terpenting juga,,bisa saling memahami,,  "
Lid:" trus,, idealnya org seperti apa yg asuk maksud?"
Asuk Rustam" kalo kamu mau cari org yg baik, waktu pacaran semua org itu tunjukin yg baik,, kalo kamu mau cari yg rajin beribadah,, semua org lagi pacaran pasti kasi liat dia rajin.. kalo kamu cr org yg bertanggung jawab,, waktu pacaran dia juga pasti bertanggung jawab..."
lid:"ya juga ya suk.. saya serg  mendengar,, banyak org yg menikah,, setelah 3, 4 bulan,, tau watak asli pasangannya,, akan berkata,, gw nyesel menikah dengnanya,, kalo tau begini,, ga kan pilih dia,, bahkan ada yg bilang,, gw tertipu... seanainya aja gw pilih yg mantan gw itu.. pasti hidup gw ga begini..."
trus suk,, gmana caranya cr jodoh yg benar2 tepat buat kita itu suk?"
Asuk Rustam;" saya sudah menikah hampir selama 27 thn,, dlm pernikahn itu... ga pernh ada kata2 yg bilang menyesal,, karena seorg laki2,, paling terluka,, kalo dengar pasangannya bilang,, "menyesal",, saya bialng sama isteri saya sebelum menikah,, inilah saya.. apa adanya,, kalo kamu kelak bilg menyesal hidup dgn saya,, dr sekarang kita hentikan.."
lid:"hmm...."
Asuk Rustam :"selama 27 thn saya menikah dgn isteri,, kami punya area privasi masing2,, isteri tdk pernh tau isi dompet saya berapa,, dan saya jg tak pernh buka dompet isteri saya,, tanpa seijinnya,,
semua masalah,, sama2 dibicarakan,, sama2 difikirkan,,, tidk ada yg ditutup2i,, saling terbuka,,"
Lid:"ooo,, gtu ya suk.."
Asuk rustam" yg terpenting jangan mudah marah, emosi,, curiga.. makin ga beres jadinya,,"
Lid:"oy suk,, kalo kata asuk,, ga boleh cuma cari yg baik, ato cari yg ganteng ato yg katakanlah punya kerjaan bagus,, trus carinya yg kek mana??
Asuk " nah ini dia masalahnya,, banyak org menikah,, tp ga tau apa inti dr membangun sebuah rumah tangga. seorang laki laki ibarat membangun sebuah rumah,, jadilah tiang yg akan menyangga dan wanita adalah pondasi yg menjadi dasar,, seberapa kuat rumah tangga itu di bangun,,,"
Lid:" kalo wanita itu pondasi,, berarti wanita harus lbh kuat dong suk?"
Asuk:" ya, betul.. intinya,, pondasi yg kokoh,, pasti juga akan punya tiang yg kokoh, gak gampang roboh.. apapun yg terjadi.."
dan ingat,, sebagai wanita,, masalh sepahit apapun, jgn pernh lari dr rumah.. "
Lid:"wahhh,,, makasi ya suk,,, atas masukannya,,"
Asuk "ya,, sama2..."

Sabtu, 09 Juli 2011

"Patut Merindu"

...manusia patut merindu..
Pada apa yg menjadi hasrat hidupnya..
Pada apa yang membuat jiwanya terasa hidup kembali..
manusia patut merindu..

Pada apa yang pernah digenggamnya, pada apa yang menjadi kerinduannya..
Selaksa mega menjadi begitu tawar, ketika apa yang dirindunya tlah hilang dari pandangan..
Manusia patut merindu...
dan Aku pun merindumu....."sherafim"
....

Senin, 04 Juli 2011

anne

anne..
jika saja kamu bisa berbicara padaku
bagaimana semua ini bisa dimulai..

jika saja terbayangkan sebelumnya olehmu..
maka mungkin, aku sudh mengenalmu lebih dalam..

sayang sekali anne..

suara hati tidk lagi bergantung di sudut hatimu..
harusnya kau sadar, anne..
selagi  masi berpijak diatas bumi.. bagaimana bisa aku luruh membiarkanmu sendiri...
anne...

ketika kamu membaca ini..
kamu pun kelak sadari,
terkadang ada jalan yang kita lalui. tanpa kita sadari
kemana langkah akan membawa kita pergi..

meraba, mencoba berdiri..

anne..
aku tinggalkan seberkas luka...
bukan karena ku tak tau atau tak mau tau..
tapi..
ingatlah saat dimana kita menatap langit, berdiri di bukit2 yang sepi..
ketika senja membayang.. kaki tak jua hendak melangkah
lihat anne..
dikejauhan sana, ada sederetan lampu2 yang berkelip mesra
menghiasi tepian malam..
semilir angin membelai lembut..
seulas senyum mu..
menjadi titik simpul yang begitu erat.. menyatu dengan fikiran ku..
entahlah...

anne...

menjeritlah anne,, keras keras ditelingaku..
teriakkan ...
hingga kelak, jiwamu dapat pulih kembali....

Minggu, 03 Juli 2011

keep alive

.. kadang ada jalan yang kita sangka lurus, tetapi ujungnya, siapa yang tau.. Bukankah jalan yang kita tempuh, adalah jalan kebenaran,,

...sehingga sejatinya bisa melebihi hidup itu sendiri,, hidup yang penuh kesusahan dan kepedihan.. Tetapi jalan damai, sejahtera dan cinta semesta adalah pasti..



           'hiduplah melebihi hidup itu sendiri'
                             by: Lid



pengawal pagi

lihat disana...

awan merenda...


langit memeluk...

rumput melompat...

layang layang meninggi...

perahu berdenting...

pohon merunduk...


bunga merangkai...

dan kau melangkah...

mereka reka...

seumpama pengawal...

menanti pagi..

seumpama pengawal menanti pagi...

one more time

suara itu bertanya padaku;
"jika waktu yang ada hanya hari ini dan esok pagi  kau tiada apa yang akan kau lakukan?"
bukankah...
tak cukup waktu untuk menemui semua orang untuk meminta maaf..
tak cukup waktu untuk membenahi diri atas perkataan yang menyakiti..
tak cukup waktu untuk berterima kasih pada semua orang yang pernah hadir dalam hidup...
tak cukup waktu untuk mendatangi tiap sudut kota untuk mengenang kehidupan yang tlah dilalui..
tak cukup waktu untuk menghapus air mata ibu yang sering aku sakiti...
tak cukup waktu untuk perkataan kasar yang aku lontarkan ketika emosi ku meledak ledak,,,
tak cukup waktu untuk mengatakan ma'af pada orang orang yang aku caci maki...

tak cukup waktu untuk memulai berbuat baik...
tak cukup waktu untuk memperbaiki kesalahan dan khilaf..
tak cukup waktu untuk memperbaiki hubungan pada orang2 yang aku musuhi...
tak cukup waktu untuk memohon ampun kepada Tuhan...
bukankah satu hari sangatlah singkat untuk melakukan itu semua...
bukankah satu hari terlau sedikit untuk ku memulai beramal...
bukankah satu hari terlalu pendek untuk ku memulai menjadi baik...
beri aku satu hari lagi.. agar aku bisa memulai untuk menjadi baik...
beri aku satu hari lagi untuk menjadi manusia yang penuh hikmat...
beri aku satu hari lagi untuk melatih hati..

dan jangan biarkan penyesalan itu datang ketika habis sudah waktuku..
aku ingin satu hari lagi...

Sabtu, 02 Juli 2011

a dove

"mengapa burung merpati sangat setia kepada pasangannya? padahal pasangannya itu dikurung di kandang?"

"ya itulah, kesetiaan ! burung merpati sering dipakai sebagai lambang kesetiaan, ketulusan, kejujuran, dan perdamaian. Merpati akan menembus resiko apapun juga untuk selalu dekat dengan pasangannya. Tidak peduli tindakannya itu dapat membahayakan dirinya dianggap konyol! merpati akan berusaha terus menolong berada di sisi pasangannya

dan siapapun kamu, dimanapun kamu berada.. jadlah merpati yg selalu setia,, ada banyak keindahan, tapi tidak banyak cinta yg tulus, yg tidak mengharapkan balasan, cinta yg selalu akan membawa jiwamu kembali.. sepanjang apapun jalan yang kau tempuh..

back pain

Jakarta, Nyeri punggung (back pain) bisa terjadi pada siapa saja dan jika muncul bisa mengganggu aktivitas. Tapi jangan menganggap remeh nyeri punggung karena itu merupakan gejala awal dari adanya penyakit di tubuh.

Penyebab sakit punggung yang paling umum adalah keregangan otot (ligamen) atau postur tubuh yang tidak tepat. Nyeri punggung kadang terasa saat baru bangun tidur, duduk tegak terlalu lama, terlalu lelah, mengangkat barang yang sangat berat atau cidera.

Tapi ada juga nyeri punggung sepanjang waktu siang dan malam tanpa kita ketahui sebabnya. Kasus seperti ini kebanyakan mengarah ke penyakit serius seperti infeksi atau tumor tulang yang biasanya diikuti pula dengan demam.

"Rasa nyeri di punggung itu bisa berarti tanda atau sinyal yang memberitahu bahwa ada sesuatu yang salah dalam tubuh seseorang," ujar Dr Luthfi Gatam, SpOT, Spine Surgeon (K) dari RS Internasional Bintaro saat dihubungi detikHealth, Senin (28/12/2009).

Dicontohkan Dr Luthfi, nyeri punggung yang dirasakan saat baru bangun tidur kemungkinan disebabkan ada yang salah dalam posisi tidur atau adanya gerakan mendadak yang tidak stabil (unstable) saat orang tersebut tidur.

Menurut konsultan ortopedi tulang belakang ini ada 6 kelompok yang menjadi penyebab rasa nyeri di punggung, yaitu:

1. Trauma
Dalam hal ini orang tersebut mengalami benturan, kecelakaan, jatuh saat beraktivitas atau cedera akibat sesuatu misalnya salah mengambil posisi dalam mengambil barang.

2. Infeksi
Bisa terjadi akibat adanya infeksi di organ lain seperti paru-paru yang mempengaruhi tulang belakang atau akibat dari infeksi yang terjadi pada tulang itu sendiri.

3. Degenerasi
Adanya perubahan struktur tulang dari orang tersebut akibat bertambahnya usia seseorang.

4. Kelainan bawaan
Faktor ini bisa berupa adanya posisi yang tidak tepat, atau tulang belakang yang kaku dan tidak bisa digerakkan sehingga menyebabkan terjadinya inflamasi (peradangan).

5. Adanya tumor
Bisa juga sebagai tanda adanya perubahan sel menuju tumor di dalam tubuh.

6. Skoliosis
Penyakit yang sampai saat ini belum diketahui penyebabnya juga menimbulkan rasa nyeri di punggung, saat ini paling banyak dialami oleh perempuan dan kaum remaja.

Jika tidak ada gejala serius, sakit punggung biasanya membaik setelah beristirahat beberapa hari, tapi ada juga yang sakitnya berlangsung lebih lama.

Jika ada serangan nyeri punggung sebaiknya berbaringlah di tempat tidur. Luruskanlah punggung dan tungkai perlahan-lahan.

Orang yang obesitas juga kerap mengalami sakit punggung. Sedangkan nyeri punggung kronik karena melemahnya otot biasanya perlu melakukan perawatan penguatan tulang punggung dengan berolahraga.

Jagalah agar punggung tetap tegak dan perut rata karena masalah tulang belakang menyebabkan tekanan pada saraf, sehingga timbul nyeri di berbagai bagian tubuh.

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi nyeri punggung ini tergantung dari hasil diagnosisnya, apakah termasuk ringan, sedang atau berat. Kalau hanya timbul sesekali dengan minum parasetamol atau ponstan saja sudah bisa membantu menghilangkan rasa nyeri.

Perawatan yang harus dilakukan oleh pasien bisa hanya berupa istirahat saja. Tapi jika sakitnya serius karena ada posisi tulang belakang yang salah harus melakukan fisioterapi, pengobatan invasif untuk mengurangi atau menghilangkan rasa nyeri atau harus menjalani operasi.

"Sebaiknya kalau sudah merasa nyeri punggung, langsung periksakan ke dokter. Jangan anggap remeh penyakit ini, karena bisa jadi berhubungan dengan kulit, sendi, tulang atau organ disekitarnya seperti ginjal dan saluran cerna," ujar dokter yang juga berpraktik di RS Fatmawati.

Jumat, 01 Juli 2011

curious, are you??

"apa itu miss"
"dadu"
gw emang lagi buat dadu yg cukup gede, terbuat dr karton,, lalu ada dot di atasnya angka 1 sampe 6,, buat anak2 melempar dan belajar berhitung
"isinya apa"
"kosong"
"knapa kosong?"
"hmm.. karena ga ada isinya"
"kenapa ga ada isinya?"
"ya karena kosong.."
"oo.."

wajah polosnya, terlihat lucu waktu bilang "oo" lega akhirnya dia berhenti bertanya, rasa ingin tahunya,, emang mencerminkan tu anak sangat cerdas.. tapi wajar jika anak2,, bertanya ini apa, itu apa, ini kenapa, itu kenapa.. masa2 perkembangan otak mereka memang mengharuskan begitu.

tapi jika org dewasa yg bertanya tanya, dan terus mengembangkan rasa ingin tahu.. positifnya memang banyak, tapi kebanyakan yg terjadi adalah.. rasa ingin tahu itu akan merepotkan diri sendiri.. rasa ingin tahu utk urusan org lain. terkadg rasa ingin tahu itu  malah merusak  area privasi org lain,,
aq bahkan pernah bertanya sesuatu apa yg akan terjadi di masa depan ku pada seseorg yg punya sixth sense..
tp,, yg dia jawab begini..
"hentikan rasa ingin tahumu itu lidia, karena rasa itu akan membunuhmu.."
hehehehe...
jadi skrg,, memang lebih asyik,, kalo jalani semuanya, apa adanya.. :)

Hmmm.........

tak sempat, tak terlintas...
maaf,, bukan kata2 org lain, sumpah org lain yg buat ku begini
ijinkan ku tuk melangkah, mengawal setiap gerakan dan kini ku tak bisa berpaling jauh..
dan aku.. jatuh cinta..
 pada pohon pohon,,
dan  pada saat yg sepi, hanya cemara yg mengerti..
sungguh aku jatuh cinta pada mu bunga, awan, bulan dan bintang...

Rabu, 29 Juni 2011

something of myself

the way i know, how can be life is so meaningful..
i have found the wrong way, got lost, no hope..
then i found my way back.. a new hope..
sometimes, i find the wild road, the sticky life,, the stream river, the jungle...
i am lost.. how can i still hold on my faith..
i cry harder, no more care, no more love, i felt no perfect life, no perfect love..

felt lonely and lonely..
ask God, why me?
am afraid of my future..
i asked why and why..
am i lost so far?
i asked why and why..
feeling so damn,, so bad..
i only keep moving ,, on the road, ride my motorcycle..
hoping it just like a foolish movie that i have ever seen.. want to quit quickly..
run and hide, behind the fogs..
do not know what's going on..
i dont understand.. even i tried harder..
i bumped my head to the cold pillow..
i wait the perfect time, to create a brave heart..
to face and stand up for life..
i change my direction,, no more time to be rushed in hour,
no more time to fake the smile,, no more time to force myself to be another one..
i put off my mask..
what i am saying, something of myself from my best teacher..
my experience..
something of myself that i really wanna share,,
ignoring the common ways, not to be pretenders..
the common opinions fly high from my direction, my purpose, even my motivation in life.
when i met the great people, but they are so unpredictable..
when i talked much better whose got many experiences in life, i got my reflection..
the way i looked at myself, the way i looked at them from very basically..
i've written somethin' from my deepest mind, from my lost and lost time..
am sure you can feel what i feel, when you read this..
something of myself that i have to speak up..
cos the silence of mine..  can kill myself..

Selasa, 28 Juni 2011

Love Parents

 A letter  from: Parents
 To: You

 
Di saat daku tua, bukan lagi diriku yang dulu, maklumilah diriku, bersabarlah dalam menghadapiku.
Di saat daku menumpahkan kuah sayuran di bajuku, di saat daku tidak lagi mengingat cara mengikatkan tali sepatu,  

Ingatlah saat-saat bagaimana daku mengajarimu, membimbingmu untuk melakukannya.
Di saat saya dengan pikunnya mengulang terus menerus ucapan yang membosankanmu,
Bersabarlah mendengarkanku, jangan memotong ucapanku,

Di masa kecilmu, daku harus mengulang dan mengulang terus sebuah cerita yang telah saya ceritakan ribuan kali hingga dirimu terbuai dalam mimpi.
Di saat saya membutuhkanmu untuk memandikanku, Janganlah menyalahkanku. Ingatlah di masa kecilmu, bagaimana daku dengan berbagai cara membujukmu untuk mandi?

Di saat saya kebingungan menghadapi hal-hal baru dan teknologi modern, Janganlah menertawaiku. Renungkan bagaimana daku dengan sabarnya menjawab setiap “mengapa” yang engkau ajukan di saat itu.

Di saat kedua kakiku terlalu lemah untuk berjalan, Ulurkanlah tanganmu yang muda dan kuat untuk memapahku. Bagaikan di masa kecilmu daku menuntunmu melangkahkan kaki untuk belajar berjalan.

Di saat daku melupakan topik pembicaraan kita, Berilah sedikit waktu padaku untuk mengingatnya. Sebenarnya, topik pembicaraan bukanlah hal yang penting bagiku, asalkan engkau berada di sisiku untuk mendengarkanku, daku telah bahagia.

Di saat engkau melihat diriku menua, janganlah bersedih. Maklumilah diriku, dukunglah daku, bagaikan daku terhadapmu di saat engkau mulai belajar tentang kehidupan.

Dulu daku menuntunmu menapaki jalan kehidupan ini, kini temanilah daku hingga akhir jalan hidupku, berilah daku cinta kasih dan kesabaranmu, Daku akan menerimanya dengan senyuman penuh syukur, di dalam senyumku ini, tertanam kasihku yang tak terhingga bagimu.


 Love Parents.. wherever you are.. however they are.. no matter what they say..they love you like a water flows from a higher place to the lower..  give more time to listen,,  even you are so busy.. I hope  I do the same thing even so with you..:)

ADOPTED FROM A BROCHURE which  ‘IS NOT FOR SALE’
Cos love parents is not for sale..

Senin, 27 Juni 2011

The Truth

terkadang ada rasa yang tak bisa dibicarakan dengan logika.. ketika logika berkata tidak,, tetapi hati?? dan jika hati memiliki jalan fikirannya sendiri,, tak ada yg bisa mengekang kebebasannya untuk memilih,,
jalan kehidupan adalah misteri,, bagaimana aku harus merangkai sesuatu yg kelak tak jua pasti adanya.. dan ketika ku memohon dalam doa doa malamku..aku mengerti jalan yg pasti..
bukan jalan yg selalu indah dan mulus adanya..


berapa banyak orang yang hidup merangkai mimpi?? apakah jalan hidupnya sama dgn harapannya?? tentu saja tidak.. berapa banyak orang yang berada dalam rangkaian masa lalunya dan selalu berharap kembali pada kenangan termanisnya??

dan siapa yang patut dipersalahkan??
jika kamu pernah mendengar seseorang berkata .."Tuhan beri cobaan tak melampaui kemampuan umatNYa??
sekarang kamu boleh mengerti bahwa Tuhan tak pernah beri ciobaan pada umat yang dikasihinYA.. jika kamu tak memahami apa yg aku katakan,, kamu boleh memahami siapa Ayub.

Ayub adalah seorang saudagar kaya raya,, ribuan ternak dan tanah yg subur..ketika suatu hari Tuhan melihat Ayub begitu soleh dan setia,, datanglah juga iblis diantaranya. Lalu ibilis berkata kepada Tuhan.. "Tuhan,Engkau selalu berikan yang terbaik pada Ayub, sudah sepantasnya dia selalu bersyukur dan beikan korban bakaran untukMu.. bagaimana jika aku ambil apa yg ia punya..aku yakin ia akan menjauh dariMU" Lalu Tuhan menjawab "baiklah,,kau boleh cobai Ayub,, asal jangan kau ambil nyawanya.."

lalu iblis meluluhlantakkan kehidupan Ayub,, hingga Ayub pun menjd seorang yg tak punya apa2 utk dirinya,, bahkan tubuhnya pun didera penykait gatal yg menjijikkan dan bau. tetapi Ayub, tak sekali kali mempersalahkan Tuhan, atas apa yg ia alami,, bahkan ia tetap mensyukuri nyawa yang Tuhan tetap berikan kepadanya,, ia berkata " dari rahim ibuku, aku dilahirkan telanjang dan tak berdaya,, mengapa aku harus meratapi segala seuatu yg hilang dariku?? bukankah Tuhan yg berhak untuk memberi dan mengambilnya kembali..

dan fikirkanlah ,, apakah yang kita alami sekarang ini adalah godaan dari si iblis?? atau cobaan dr Tuhan??

apa yang ditawarkan oleh dunia ini adalah sesuatu yang manis dan indah. apakah kamu tahan uji?? jika sekarang beribu sesal masih ada dalam hatimu,, maka roh ketakutan dan kekhawatiran akan selalu bersemayam dalam hatimu..
apa yang kau takutkan.. jika imanmu bisa menyelamatkan mu?? jika yang aku bicarakan adalh iman . pengharapan dan kasih,, maka yg terbesar sdari semuanya itu adalah bukan imanmu,, tetapi kasih..
bagaimana mungkin kamu mengasihi Tuhan yang tak pernah kau lihat,, jika manusia yang ada dan nyata tak bisa kau kasihi..

aku mengatakan sebuah kebenaran untuk sebuah kebaikan,, bukankah ada hal hal tertentu yang merupakan rahasia, kebesaran,, dan manusia adalah terbatas utk memahami itu semua..
aku manusia yang mencari kebenaran,,
bukan karena bagaimana aku dilahirkan dan diwariskan sebagai seoarang kristen,, dan ketika kumelihat ada cinta kasih pada mahluk lain yg memeluk agama mereka,, dan apa bedanya,, jika yang diajarkan adalah hal2 yang baik.. rahasia yg tak kumengerti,, tetapi aku yakin,, surga adalah garis akhir dari sebuah penantian iman, itu manusiawi...

Minggu, 26 Juni 2011

The Way Out

apakah hatimu masih menyimpan luka?? lalu kemana dan bagaimana luka itu bisa sembuh??
ato biarkan saja membusuk dan menyebarkan bau yang bisa membuat org lain tak nyaman ada di dekatmu.. apakah ragu untuk membuangnya?? bagaimana jika tetap meyebarkan virus yg terus menginfeksi org2 yg ada di dekatmu??
jika terkadang terfikir, apakah aku baik? lalu apakah yg ku tlah lakukan baik? baik utk siapa, untuk ku, atau orang2 di dekatku..
jika terkadang aku melihat org lain,  mereka terlihat nyaman dgn kehidupan mereka,  tp coba duduk dekatnya, sekian menit kemudian, kau tau dia tak sama nyamannya dgn keadaanmu...

seseorang katakan padaku, dengarkanlah..karena ia berpesan padaku, 'tak semua yg kau ingini sesuai dgn harapanmu'.. tapi berdoalah dan berusahalah.. karena ada tangan tangan di luar kekuatan kita yang akan bekerja.. tanpa kita tahu bagaimana, selesai lah apa yg kadang kita anggap tak mungkin utk diselesaikan..

jika dalam satu hari, ada banyak kesenangan, fun,, dan sedikit pesta kecil utk merayakan kehidupan,, maka akan ada juga satu hari, dimana ada pemakaman, kesedihan, kehilangan, deadline pekerjaan yg menjemukan,,
jika dalam satu hari, ada kata kata yg menyenangkan, penghibur, sapaan dr teman, keluarga dan tetangga.. maka ada juga hari yg lain,, dimana makian,, hinaan,, emosi,, pada temanm sahabat, tetangga bahkan keluarga...
jika dalam satu hari,, ada kelimpahan, kemewahan, rejeki yg berlebihan.. tp ada hari yg lain, dimana kekurangan,, kehawatiran, utk memenuhi kebutuhan,,,,
tp itulah kehidupan,,, bagaimana aku belajar utk menatanya, sedemikian rupa,, berhati hati ,, mawas diri,, memahami lebih dalam lagi, bagaimana harus membawa diri,, berprihatin dan memaafkan...

sesuatu yg kelak akan terus istimewa bagiku,, disaat aku bisa membagi perasaanku, bahagiaku,, dgn org lain,, dimana ada sahabat, keluarga yang sama2 menangis,, sama2 menemukan pengertian,, bukan saling mencaci dan mengungkit masa lau,, mencaci dan menimbulkan dendam dan permusuhan,, bukan perkara mudah utk menahan sedikit emosi,, seperti sekawanan banteng yang siap menerjang apa saja dihadapannya... seperti itulah emosi yg meledak ledak di kpala,, seperti pedang yang siap menghunjam org didepannya dgn lidahnya...


jika ada yang memelihara, maka pasti akan ada yg merusak,, bukankah itu dualitas yg tak terpisahkan... jika itu terjadi padamu,, maka relakanlah..

Sabtu, 25 Juni 2011

The happier will be

udara pagi terasa sejuk, teringat beberapa percakapan dgn teman, terkadang ketika fikiran sedang tenang, ada hal2 yang muncul bergelayutan di benak dan ingin digali lebih dalam. itulah cara ku kadang berfikir, kadang terlalu difikirkan, sehingga terkadang bisa menjalar kemana mana, tapi ada baiknya diungkapkan, berdiskusi lebih baik, walau kadang hanya dgn selembar kertas dan pena, terasa lebih baik,,

seorang teman, bertanya, "apakah sumpah orang lain bisa menghambat kesuksesan kita?"
pertanyaan ini sungguh menarik, bagiku..ada hal yang sedang dipersalahkan, ketika apa yang ingin di capai, tidak kunjung juga berhasil, dan mulai mencari solusi permasalahannya dgn menyalahkan kondisi, atau terkadang orang lain. tanpa disadari, fikiran kita adalah medan magnet yang kuat, unsur positif maupun negatifnya, ketika unsur negatif itu mendominasi isi kepala, maka yang terjadi adalah mencari2 kesalahan orang lain, mulai menutupi kegagalan dgn mengatakan saya disumpahi oleh nya atau mereka,, sehingga saya jadi begini..

sumpah orang lain, sekalipun itu yang bersumpah, orang tua, kakak adik, orang terdekat kita, pak lek, bu de, oppung,, bapak uda, tatupun siapapun mereka.. ketika mereka bersumpah serapah,, apaakh kamu gentar??
bukan siapa yang menyumpahi.. tapi aku lebih percaya bahwa, Tuhan tidak mungkin mengabulkan doa2 orang lain yang membuat kita celaka, bukankah Ia adalah Maha Kasih,,  tapi jika kamu, aku dan kita melakukan sesutau yang sangat menyakitkan orang lain,, dan orang yang tersakiti itu menyumpahi kita,, kembali ke inti permasalahannya.. apa yang kita tabur, itu yang akan kita tuai.. jika kamu menabur kebaikan, maka kamu menuai kebaikan, dan begitu sebaliknya..
jangan takut dgn kata2, sumpah serapah, atau hinaan yang terkadang timbul dr fikiran jahat, untuk menyakiti hati..
setiap kata2 adalah doa, kata2 yang manis, bukankah lebih baik diucapkan dr pada kata2 yang menyakiti,, bergunjing, menimbulkan kerutan di wajah.. lebih baik berdiskusi mmbicarakan hal yang baik,, setiap kata memiliki kekuatan, bahkan tanaman saja bisa begitu peka dgn kata2,, "ayo tumbuh dan berkembanglah,, maka dia akan mencoba tumbuh dan berkembang.. apalagi kita manusia,, membangun citra diri positif, dimulai dr kata2 positif,, memang tidak gampang..

banyak kepahitan hati, mebuat kita berfikir untuk apa berubah.. tohh, tak kan ada yang berubah..
ada satu cara yang aku tau,, membangun hati yang positif.. bukan bermaksud untuk menggururi,, tapi aku suka untuk melakukannya.
aku selalu berusaha memberi seribu rupiah, untuk satu pengemis jalanan, yang aku temui di jalan..  beberapa waktu lalu, pemerintah melarang memberikan uang kepada pengemis jalanan, hal itu membuat ku berfikir,, pengemis itu sendiri pasti tidak mau untuk ada dijalan, meminta minta,, tapi keadaan memaksanya begitu.. bagaimana jika suatu hari, itu terjadi padaku.. bukankah itu sangat menyedihkan,, dan orang2 pun berkata, suruh siapa jadi pengemis.. menyakitkan, seribu rupiah itu kadang tak berarti bagi kita,, tapi coba lihat, senyum mereka mengembang.. ketika kita taruh di baskom kecil mereka..

perasaan damai,, terasa lebih nikmat, memberi walau kadang juga kekurangan,, tak bisa kulewatkan tatapan, meminta,, mbaaa... ya, ya,, aku tau negeri ini pun pernah berjanji untuk fakir miskin dan anak terlantar akan dipelihara oleh mereka,, yang aku tangkap memang benar,, memelihara dan merwat mereka tetap dijalan dan tetap miskin... sama saja artinya.. maaf.. bukan mengkritik negeri yang kita cintai ini..tapi ketika kamu membaca ini,, saya pun berharap kamu mau menyisihkan seribu rupiah, untuk satu mereka,, aku bayangkan jika ada sepuluh yang membaca, ada sepuluh yang melakukan ini setiap hari,, yang lebih berarti bukan uang seribu rupiahnya, tapi adalh kepekaan untuk penderitaan orang lain, membuat kamu, aku, kita belajar menghargai persaan orang lain, berempati, membangun fikiran positif setiap hari, untuk bisa memberi lebih banyak,, berkata kata lebih manis dan mencintai kehidupan,,
bisa menerima keadaan ini, apa adanya.. dan ingat,, apa yang kita tabur , itu yang kita tuai..

"sumber ketidakbahagiaan seseorang adalah ketidakpekaannya untuk menerima dirinya apa adanya,, dan menerima orang lain sebagai pribadi yang berbeda"

Jumat, 24 Juni 2011

the puzzle : in my life: Stereotipe

the puzzle : in my life: Stereotipe

the puzzle : in my life: Stereotipe

the puzzle : in my life: Stereotipe

Stereotipe

kamu dan aku ditakdirkan berbeda,, berfikiran berebda,, bahkan cara melirik saja berbeda,, cara mengunyah makanan berbeda,, cara menyetrika baju saja juga berbeda...
bahkan cara berimajinasi saja kita sungguh berbeda, melihat satu garis lurus kamu bayngkan apa? tentu saja pasti akan berbeda...
kamu ideal,, berfikir lurus,, aku biasa biasa saja,, kamu obsesif,,, aku dekonsentarsi...
kamu tertawa ketika ada badut yang menari2.. aku sedih memikirkan apa rasanya jadi badut itu..
ada orang yang tak peduli dgn keindahan, ada yang memuji keindahan,, ada orang yg menggerutu sepanjang waktu,, ada yang tersenyum dan berkata biarlah..
kakimu diinjak,, seketika kau memaki.. tapi ada yang lain yg bilang tak apa apa...
ada yang takut ketinggian,, ada yg mencintai tantangan dam menjadi hidup karenanya...
ada yang bersusah payah meraih mimpi, ada yg tidur sepanjang hari...

dan ada stereotipe orang yang berpendidikan tinggi dan ada yang berpendidikan rendah...
dalam sebuah opini.. kita meyakini apa yang kita anggap benar dan mempertahankan opini tersebut hanya karena kita di doktrin harus begitu,, tanpa ada bantahan,, karena akan dianggap tak layak...
sebuah history kitab sejarah adalah panduan yang diyakini kebenarannya...
dalam sebuah dualitas antara ada dan tiada, terlihat maupun tidak terlihat, yakin tidak yakin .. juga sama halnya gelap dan terang... dalam sebuah pemikiran ,, itu akan menjadi sebuah opini yang aku dan kamu sama2 berfikir..
baik atau buruk,, benar atau salah.. tergantung siapa yg melihat dan dari sudut pandang mana ia melihat...
seorang wanita menjadi terdakwa pembunuhan,, utk mempertahnkan dir dari sebuah pemerkosaani,, dan membunuh.. dalam opini umum dia dianggap seorang penjahat,, tapi sebagian orang mengaangap ia sungguh seorang pembela kebenaran...

 dalam banyak sisi.. stereotipe membentuk sebuah opini umum... seorang idealis akan berbeda cara fikirnya dengan seorang aristokrat,, bahkan teknokrat modern pun mungkin akan sangat idelais.. tergantung apa yg di anggapnya sebagia sebuah prinsip dan bertahan dalam eksistensinya...

bahkan,, ketika opini opini berkembang menjadi gema yang terkadang membosankan utk disimak.. utk dimengerti,, ketika hari2 sudh sangat melelahkan utk dijalani.. pandangan2 itu,, hanya menjadi simbol kebebasan dalam menetukan jalan hidup.. menemukan kebebasan baik secara rohani maupun jasmani... menyusuri tepi pantai ,, memandangi langit.. menciumi wangi bunga.. adalah cara sederhana utk menghindari banyak kepenataan dalam kehidupan.. dan itu pun  akan membentuk opini baru dalam setiap individu, kelompok maupun lingkungn sosial..
seorang yahudi,, merencanakan dengan sempurna,, watak anak2 dalam kandungan ibunya... seorang nazi meluluhlantakkan sebuah peradaban...
muncul opini,, adanya sebuah revolusi,, utk mmebentuk sebuah perubahan... ke dasar pemikiran yang lebih baik... itu hanya berdasarkan opini... atas stereotipe steretipe yang tak jelas dalam kehidupan ini...

Kamis, 23 Juni 2011

The edge of sight

suatu hari di bulan sepi nan syahdu..
teringat pada masa masa dimana ada pertemanan yang erat namun begitu badai datang,, lenyaplah jua pertemanan itu tak berbekas..
suatu saat,, dimana nenek pernah menasihatkan padaku panjang lebar.. sebagai wanita yang harus menjaga hatinya sesuci embun di pagi hari yang tak tersentuh oleh waktu..
tapi,, bukanlah semudah memutar jam pasir bisa seenaknya memutar waktu..seketika bayangan itu pun datang menyelinap di sela sela keheningan malam yang panjang.. bukankah dewi malam pun bergulat tak henti menyingkap tabir malam yang gelap..
dan begitu juga dengan mimpi mimpi yang tersusun rapih di serambi kepala yang jua tak terselami oleh waktu..
tak hanya satu dua datang membayangi.. tapi kemasygulan diri yang terbelenggu oleh keadaan yang merunut lugu dan polos..

bisikan sang bayu.. merayu lembut di telinga,," mari.. mendekatlah padaku.. merenda serambi yang begitu sedap di pandang mata.. tapi jantungku berdegup lembut.. mataku tak jua bisa berkedip melintas sinaran..Ahh,, hunian ini terasa sesak.. kaki dan lututku pun enggan  memeluk langit yang terasa bergelora.. bisakah ku hentikan seribu bayangan  yang datang menderu..
bukankah aral selalu datang dan kusangsikan untuk yang kesekian kali dapat terlampaui..
derai derai air beriak tanda waktu tak kan mau berhenti menanti....
tinggallah sejenak untuk meratapi.. sebelum semuanya tersia dan terserak,,  di tepi penglihatan yang keji...

underestimate

Pertengahan 2008,, temen gw ada yg kasi nomor hp..’lid,, ada yg cari guru private ni,, sma kelas 3,, mau ngajr ga’
Wahh,, kelas3 sma,, berat juga ya,, gw biasa megang anak playgroup, tk, sd.. sma gw rada ngeri deh,,hhee..’
‘ya coba aja,, kalo lu mau,, ni alamat rumahnya.. ‘
Berhubung,, jam kuliah gw ud ga gtu padet,, sok lah,, gw coba telp tu nomer,, basa basi bentar ama si ibu.. trus sorenya dateng ke rumahnya..
Si ibu,, nyambut gw dgn baik,, seperti biasa.. pasang tampang ramah, senyum,, ngangguk ngangguk,, sesopan mungkin,, biar kesannya prof gtu.. biasanya first impression tu harus meyakinkan,, biar setuju gtu deh..hehee…
‘AYu,, ni gurunya ud dateng,, kasi salam dong..’
Si ayu, calon murid gw tu, nongolin muka dr kamar,, malu2 gtu.. perasaan gw aneh,, kok ni cewe malu2 ama gw.. hehee,, mungkin emang sifatnya yg pemalu,,
Dia hampiri gw,, n cium tangan gw.. gw yakin, ni pasti dr SMA bonafit, kalo pake cium tangan segala..

Trus si ayu nya masuk lagi ke dalem,, beres2 in bukunya,, hmm… deg degan,, repot ni urusannya, kalo anaknya pinter,, pasti banyak nanya,, uda di jawab,, nanya lagi yg lebh njelimet.. ud gtu.. gw belum siap lagi..haddohh,, hmmmm… tarik napas dalem2,, pasang tampang senyaman mungkin,, biar kliatan pinter..wwkwkwwk..

Si ibu keknya ramah bget,, cerita ga brenti2.. setiap gw mw buka mulut,, langsung disamber deh,, kek kereta,, yang ada gw ngangguk ngangguk kek boneka doggy yg biasa ada d dashboard mobil tetangga gw..

“kalo suami saya ni dosen STAN,, anak pertama saya kuliah di UI,, di jakarta semua,, si ayu ni ga da yg ajarin,, uda bimbel tp ya kurang,, ibu takut aja dia ga jebol tahun ini,, bapaknya si mau dia masuk kedokteran UI ..’

Wuihh,,ckkckcck.. hebat.. batin gw..

‘yang dijakarta,, jurusan apa bu?”
Ekonomi, kalo anak ibu yg pertama itu,, pinter.. dr sma nya uda juara terus… ibu mah ga ragu sama dia.. ibu ni minta tolong ya nak,, si ayu diajarin bener2,, ibu mah ga mau anak ibu kuliah di swasta,, tuhh,, lulusan nya uda ribuan,, ga jadi apa2.. teknokrat, ubl, stkip,, Cuma habisin duit org tua aja..”

Tweeewnng.. busyett,, ibu ni enteng bget hina2 almamater gw..ckckckc… tiba2 kok kursi yg gw dudukin jadi anget..
“ngomg2 kamu lulusan mana nak?”
Uppsss.. si ibu pake nanya lulusan mana,, waduhh.. gw bilang UI,, ga mungkin bget,,hehee.. gw bilang Stkip.. dia uda hina2 gtu,, swasta yg ancur bget dah..ckkckck..miris.. sakit hati gw.. kalo lulusan stkip yg jumlahnya ud ribuan itu tau,, pasti sedih bget denger omongan si ibu ni..

Tp berhubung jaga suasana tetep nyaman,, gw jawab aja lulusan Unila,, hehe,, bo’ong.. tp ya gpp deh,, drpada dia shock..hehee

Di Perjalanan pulang,, perasaan gw kok rada ga enak inget2 omongan si ibu tadi ya.. keputusan ud bullet,, ngajr yang ptama n terakhir d rumah ibu itu.. gw sedih bget… sengaja ga sengaja,, tetep aja gw jadi inget2 masa sma gw dulu..
Punya impian yg luar biasa gede,, membangun mimpi sama kek temen2 gw yg laen.. tp ya namanya juga jalan hidup,, mau meraung raung juga ga bisa kuliah di kampus favorit.. bikin sakit hati..
Ketrima beasiswa di presiden university, cikarang.. tetep aja harus bayar asarama yg mahal.. talking about money.. it’s all about money..  soal2 fisika, mtk, bhs inggris lumayan bs Jawab.. tp ya namanya bukan rejeki,, mau diapakan.. terpaksa tutup rapat2 mimpi..

Tp gw belajar banyak selama 8 thn terakhir,, banyak hal yang tak terungkap dgn kata2.. tapi intinya rasa syukur, bisa bertahan dlm kondisi apapun,, luar biasa.. ga da yg sia2 dlm hidup ni,, gw selalu percaya.. Tuhan ga pernh tidur.. dengan begini, gw bisa jauh lebih memahami orang lain,, gw percaya,, kalo setiap orang itu baik,, punya kemampuan,, punya mimpi, harapan,, yang luar biasa juga.. gw selalu jatuh cinta sama anak2 jalanan yang gigih, gw selalu terharu,, pas ngeliat cowok cacat tp tetep senyum.. kalo gw lewat rumahnya,, pas mau ngajar.. tp intinya gw belajar utk ga merendahkan orang lain..
Fikiran negative buang ke bumi.. yg positive tetep nempel di kepala

Selasa, 21 Juni 2011

The Puzzle

baiklah kiranya kita dipeprsatukan oleh ketulusan hati karena itulah sumber kehidupan. energi yang tak bisa dimusnahkan dan kekal adanya

2003
malam telah larut, aku memikirkan hari2 yg akan datang dan sebuah keputus asaan, entah karena jiwa yg lelah atau lemah, aku sering berilusi ada seseorang memanggilku, tp terdengar seperti mengucap salam..
aku tak hiraukan, aku takut aku sedikit gila..
hari hari terus berlanjut, rasa sepi dan putus asa terus bergelayut di kepalaku..lagi lagi suara itu datang dan mengucap salam, aku tetap tak ingin menjawab..aku tak hiraukan,, terlebih aku takut aku hampir gila rasanya. malam2 adalh seperti putaran waktu yg teramat lama dan melelahkan bagiku,, hampir setiap malam, aku seperti bercakap cakap dengan seorang bersorban dan berjubah putih. keesokan harinya, ketika kuterbangun, aku berusaha mengingat dan memikirkan apa yg ia bicarakan.. aku tidak bisa ingat dgn detail apa yg ia ucapkan, sebagian adalah nasihat dan petuah untuk berbuat baik...dalam alam bawah sadarku, ketika kutertidur, aku seperti dibangunkan dan diajak menelusuri tepi pantai,, menatap matahri terbit,, terkadang aq juga diajak ke pegunungan, ia berkata padaku " Allah Maha Besar, Maha suci Allah, lihatlah alam yg diciptakanNYA. dan tersadrlah aku, tentang diriku yg begitu kecil dan hina dihadapanNYA..

hari hari terus berlalu, suara itu tetap ada, mengucap salam, dan tak pernah berhenti sampai aku menjawab salamnya,, aku tak kuasa Ketika kubertanya kepada Tuhan, apakah aku sudah gila.. aku menngis memohon ampun, jangan timpakan fikiran ku akan sesuatu yg tidk kumengerti.. suara itu meyakinku bahwa aku tidak gila, dan tidak takut karena atas ijin Allah jugalah aku bisa bertemu dengannya..

Ia memintaku untuk berpuasa, mensucikan hati dan menenangkan fikiran, aku masih tak bs mengerti,, siapa mahluk ini?? bagaimana ia bisa hadir dalam imajiku?? apakah aku gila?? aku takut Tuhan, Tuhan Yesus, aku butuh pertolonganMu..

jiwaku labil, umurku 19 thn pada waktu itu, aku teramat takut utk bercerita,, aku takut org2 menganggap aku gila.. aku menyimpannya dalm hati yg paling dalam,, ..

suatu ketika aku terdetak, di sebuah toko buku, aku menemukan sebuah buku psikologi,, ttg schizoprenia.. penyakit kejiwaan yg mendengar suara2,, yg merupakan ilusi se2orang..
aku menangis, meratap dalam hati, bertanya2, Tuhan,, dimana Engkau?? apakah aku gila??

terdengar lagi suara salam itu di imajiku, ia tak ingin aku menangis, ia meyakinkan aku, bahwasanya ini bukan penyakit kegilaan, hanya karena kebesaran Tuhan, dan atas ijin Nya juga, ia datang kepadaku...
untuk apa ia datang padaku?? siapa dia?? siapa aku??

lau pertanyaan2 itu berkembang dikepalaku, jiwa ku muda, naive dan labil, aku mencintai Tuhan dengan sepenuh-penuhNYA .. akupun tak jua temukan jawaban, mengapa hampir setiap malm dalm tidurku, aku bercakap cakap dgn se2org yg berjubah putih, di sebuah dimensi lain, dimensi yg dibatasi oleh ruang dan waktu.. wajah2 yang bersih dan bersinar, mengambil air,, beribadah, bercakap cakap.. bapak bersorban itu mengajkku ke dimensi itu,, tapi wajah mereka menunduk, tak berani menatapku, dan mengangguk kepada bapak yg sering datang ke alam mimpiku..

aku tak berani bercerita sekalipun pada org2 tterdekat ku,, aku menyimpannya rapat2 aku tak mau mereka berfikiran negatif ttg ini semua..

2005

dunia mimpi adalah dunia org mati, ketika jiwa dan roh melayang layang, saat itulah roh roh jahat menyusup dan membelenggu.. beginilah yg aku alami, dan akupun tak bisa menyimpulkan apa ini semua..
dan aku percaya, di dunia ini, Tuhan juga menciptakan dimensi yg tak bisa dipetakan dgn akal sehat.. jika iblis bisa menyamar, tentu ia akan menjelma mjd seekor binatang yg kuat dan ditakuti.. seekor harimau dan seorang kakek tua.. mulai muncul dala alam bawah sadarku. dan fikiran adalah media imaji yang tak bertepi, tak berbatas.
Aku hanya memohon perlindunganNYA, dari godaan iblis yang terkutuk, kita tahu bahwa iblis adalah ciptaanNya yang paling cerdas dan ia akan mengintip dari celah2 terkecil yang akan membuat kita jatuh ke dalam dosa dan saat itulah kemenangan berpihak padanya

lagi2 aku tetap menyimpannya dalm hati, tak berani mengungkapkan,, aku menyimpannya untuk diriku sendiri, awal mula, tak ada yg terlalu menggangguku.. kehidupan terus berlanjut, tetapi ada kalanya jiwa ini lemah, dimensi itu membawaku pada rasa ingin tahuku, aku ingin tau jawabannya, mahluk2 yg berkeliaran dalm dimensi alam bawah sadarku dan mimpi2ku...

kehidupan terus berlanjut, umurku semakin dewasa, suara2 itupun berangsur angsur hilang, hari2ku dipenuhi dgn canda tawa, dan kepolosan anak2 didik ku di taman kanak2.. mereka mnjd bagian pentg dalm hidupku dan memgobatiku perlahan lahan.. tapi penderitaan belum berakhir.. aku mulai mengalami nyeri punggung, yg semakin hari semakin hebat saja sakitnya..
aku pergi rontgen,, juga ke dokter, bahkan pijat urut, alternative,, tapi tak kunjung sembuh...
tubuhku lemah, mahluk bersorban itu kembali datng,, aku tak mengerti,, terkadang ia datang,, jika aku sakit ataupun sedih.. siapa dia sebenarnya?? selain kemunculannya,, kakek dan harimau itu juga muncul, ...

2007
aku abaikan rasa sakit itu, dan menjalani kehidupanku senormal mungkin. keadaan tak memungkinkan utk teru berthan di sekolah taman kanak- kanak, satu dan lain hal, aku mengundurkan diri..
aku berkenalan dgn seorang pria, tak banyak orang yang aku temui,, jadi aku tak begitu perduli latar belakang laki2 ini.. setelah beberapa waktu, dan singkat cerita.. ia mengaku bahwa ialah jelmaan harimau yg sering datang ke alam mimpiku. aku terkejut, tterperanjat, tak percaya.. ini adalah lanjutan kegilaan yang benar2 mbutuhkan kekuatan mental, bagiku... aku benar2 tak mengerti, apak ini mukzijat.. aku anggap begitu.. betapa naive nya aku.. ia bilang hanya karena anugerah dr Tuhan, kita dipertemukan dalm dimensi mimpi dan akulah sang "baginda" yg sering datang dalm mimpi dan memeluk kakimu..

Kembali aku datang kehadapan tuhan. ada apa ini Tuhan?? tolong aku utk keluar dari lingkaran permainan yg mungkin akan membutakan jiwaku dam aku bisa gila...
aku menangisi keadaan ini.. aku ingin tahu,, apakah takdir adalah bagian dr mimpi, atau mimpi adalh awal dr takdir,, atau tidak kedua duanya... aku bebaskan diriku darinya,,, apapun motivasinya... aku menolak leluconnya, aku mau menetukan takdirku sendiri,, bukan karena mimpi .. tapi karena Tuhan...

laki2 itu menangis tersedu sedu, seolah aku yg bersalah.. ia mengatakan bahwa aku wanita yg paling jahat, menolak takdir yang di bawanya,, tapi aku yakin jalanku adalah jalan Tuhan, aku diselamatkan dari belenggu godaaan setan yg terkutuk...

nyeri punggungku semakin parah,, tapi tidak lagi kuhiraukan, kunikmati rasa sakit itu,, dan sampai aku lupa rasanya memiliki punggung yg sehat

2008
kembali aku berkenalan dgn seorang pria bernama Tinus.. aku menceritakan padany ttg rasa sakit yg aku alami,, dan juga berbagai macam gangguan dalam alam bawah sadarku.. ia berempati dan akan berusaha membantuku,, apapun motovasinya.. tp aku menghargai niat baiknya.. tiap malam
kami berdoa dan bermeditasi bersama di rumah masing2.. karena ada tertulis jika satu dua orang berkumpul dan berdoa, maka kuasa doa' itu akan sangat besar... dan aku pun mulai merasakan perubahan yg baik, aku bs tidur tanpa bermimpi,, terjatuh. terperosk bahkan , ditendang.. disakiti,, yg hanya aku yg tau seperti apa rasanya...

aku berterimakasih pada nya.. utk mau mendengrkan ceritaku dan aku ingin tahu apa motif dia ingin menolongku..
dia memintaku utk memsrahkan kehidupan ini kepada Tuhan, sebuah kebenaran hakiki adalh bahwa Tuhan itu satu dilihat dr sudut pandang manapun, sebab kebenaran hakiki,, matahari itu satu...

dalam percakapan kami, dia sering mengatakan padaku ttg hal2 yg akan lebh baik jika diliht dari kacamata berbeda, sudut pandang yg berbeda.. bahwa inti dari kehidupan ini adalh cinta kepada alam semesta ,, terhdap sesama,, dan Sang Pencipta...
aku tak begitu mengenalnya,, tp aku bersyukur bertemu dengannya.. mimpi2 perlahan lahan mulai sirna,, aku bs tertidur tenang..

suatu ketika ia mengajakku ke sebuah tempat suci yg dikunjungi org2 utk berdoa.. aku berdoa ,, berpasrah dan memohon petunjuk padanYa..
setelah berdoa,, aku ingat kami bercakap cakap sejenak,, dia bertanya padaku "menurutmu, apa sifat yg terburuk dari manusia?"" aku jawab"hmmm.. serakah.." bukan"katanya ..
"lalu apa?" "tanyaku." sifat yg paling buruk dr manusia adalh membandingkan.."aku ga ngerti"
coba renungkan, seseorang membandingkan dirinya dgn orang lain, membandingkan orang lain dgn dirinya,, dan orang lain dgn orang lain...lalu timbul iri hati, merasa tidak puas, dan akhirnya jd serakh,,,
Lalu aku bertanya, mengapa ia mau menolongku.. ia jatuh cinta padaku...aku kaget dan tak menyangka, aku hanya menggapnya sbg penolong, tak lebh.. aku katakan padany bahwa aku tak bisa dan tak pernh mencintai se2orang.. aku juga tak menegrti.. tak kuasa utk memikirkan cinta..

sebelum pulang, ia memintaku utk brmeditasi dan dia meyakinkan aku,, apapun visiun yg aku lihat nanti,, mungkin itulah jawabannya

dalam visiun meditasiku,, aku duduk di padang rumput yg hijau, langit biru,, tiba2 aku melihat seekor burung elang yg berputar putar, lalu menukik tajam, mencengkram leher bajuku, dan membawaku ke sebuah goa,, aku melihat mata yg tajam dan tatap yg lembut,, lalu menaungiku dengan sayapnya...
aku ceritkn padanya ap yg aku lohat. dia tidk mengatakan apa2.. dia hnya bilg,, aku menemukan jawabannya kelak,, dan kehidupan adalh puzzle, yg harus ditemukan , disatukan kepingannya hingga pada akhirnya membentuk gmbar kehidupn yg abadi..


2009
aku belajar menjalin hubungan, walau kandas dlm beberapa bulan,, aku tak tahu,, apa yg terjadi, betapa sulitnya utk jatuh cinta, menguras energi,dan perasaan.. mengingat umur,, aku harus, mau tak mau, memulai pertemanan yg lebh serius.. tp nyatanya tetap kandas juga...

dan pada akhirnya.. aku bertemu se2orang yang membuat jantungku berdetak,, diapun becerita ttg hidupnya,, pada sebuah percakapan, dia mengtakan ,, jika boleh memilih, ia ingin menjadi burung yg bisa terbang bebas lepas diangkasa...
teringat meditasi ku setahun yg lalu, aku iseng bertanya, jika hendak menjadi burung,, burung apa yg ia inginkan.. aku menahan nafas,, mendengar jawabannya "elang"
seketika teringat mata itu,, mata yg kulihat itu adalah sama.... tatapan tajam namun lembut...

2010

ya,, aku mencintainya dengan sebuah energi yg tak terucapakn,, apakah ia akan tetap menaungiku dgn sayapnya.. atau terbang bebas lagi ke angkasa,, meninggalkanku sendiri... dan biarlah rahasia kehidupan adalah Rahasia ILAHI yg terbantahkan,,, tp percayalah ada waktu2 ketika kau, aku, kita dipersatukan dalam kepingan puzzle yg sama...

http://sherafim77.blogspot.com/

Little Notes ( mesuji )

mengajar d smp n 3 tanjung raya ini, sudah 2 bulan,, mau jalan 3 bulan.. Tp beberapa kjadian, sudh benar2 mbuat kpala ini mulai kumat lg,, sakit kepala,, berdenyut tak berkesudahan.. Bagaimana tidk, anak2 smp disini luar biasa.. Udh pinter pacaran, pinter nyimpen video porn.. Nah yg ini lebh hebat lg.. Sebut saja tego..
Tego dgn tampang sok innocent nya ngga ngaku jg klo udh ambil dompet tmen nya pas jam istirahat..
Kebetulan di kantor guru cuma ada aq, pak mo, sama mba etis..
Maklum tmen2 guruku smwnya suku jawa,, jd nanya2 nya pelan2..
Aq yg org batak, gregetan..
'tego,, kamu mw ngaku apa ngga?'
'ngga lo bu.. Aq ga ngambil' dgn logat jawanya yg kental..
Saksi mata dipanggil.. Smw bilang cuma tego yg duduk di bangku dian,, yg kehilangan dompet, berisi uang 50 rb..

masalahnya aq ini punya insting yg ga bs dibohongi, banyk hal, pengalaman, pjalanan hidup yg melatih sisi lain,, jd aq tetap yakin saja, berfikir sejenak, gmn caranya buat dia ngaku tp tetap dgn cara yg manusiawi..
'ok, skrg ibu kasi kamu pilihan, stelah pulg sekolah kamu kembalikan dompet dian, klo kamu sudh pake jajan, kembalikan sisanya.. tp klo sampe besok kamu ga ngaku jg, ibu panggil polisi, atau kamu mau tak panggilin kiayi, trus kamu disumpah pocong, skrg kamu boleh keluar..'
Setelah pulg sekolah.. Si dian dateng ke kostan ku..
'bu, si tego udh ngaku..'
'trus dikembaliin ga dompet kamu?'
'iya bu, tp cuma 40 rb, dipake buat beli rokok..
'oo, ya udh diiklasin aja, yg penting dia udh ngaku..

Nah,, ini dia masalah pokoknya.. Uang rokok.. Anak2 bau kencur, udh belajar maling buat beli rokok..
Di mana2 instansi jg, selip dikit ,. Uang rokok..
Dr hal kecil aja.. Jangankan bilang rokok menyebabkan , kanker, serangan jantung, impotensi, kelainan janin, dan lain sebagainya..
Trus kok iso2ne,, masyarakat indonesia ini dibodohi ngerokok.. Org negara yg produksi rokok nun jauh disana aja ga ngerokok..
Ckckckck.. Kadang males bget,, ngebahas kek gini,, wes benlah,, kalo kata yg lain.. Opo iyo tak pikir..
Dunoo,klo bahasa gaulnya..
Tp ya selama aq masi mampu .. Akan aq usahakan apa2 yg mampu mbuat generasi ini setidaknya lebh baik.. Iyo ora???